2018 kemarin gue lumayan banyak beli produk complexion baru, baik itu dari cushion, foundation atau  bedak. Dari sekian banyak produk complexion yang gue coba ini, ada beberapa brand yang standout dan jadi produk favorit gue. Yang kali ini mau gue share adalah foundation, kebetulan banyak juga yang minta rekomendasi foundation terbaik gue. Jadi, setelah gue coba-coba lagi dan inget-inget, ini adalah foundation yang selalu gue pakai dan rekomendasikan ke orang-orang.

Innisfree My To Go Foundation 2.5 – N23 (Rp325.000)

Foundation ini baru launching di pertengahan tahun 2018, tapi langsung naik jadi peringkat satu foundation wajib punya dan andalan! Gue suka karena bisa milih hasil akhirnya, mau matte, dewy atau satin. Begitu juga dengan tingkat coverange-nya, bisa milih mau sheer, medium atau full. Nah, yang gw punya ini adalah 2.5 artinya hasil akhirnya satin dan coverage yang tinggi. Untuk hasil akhir menurut gw saat baru dipakai foundation ini hinyaaay banget! Tapi nggak berasa lengket di muka. Pakainya sih dua pump udah cukup banget buat samapai leher. Coverange-nya? Medium-full. Satu layer udah cukup buat nutupin merah-merah, layer ke-2 udah bisa nutupin bekas jerawat di muka. Menggelap nggak setelah dipakai? Di gue sih nggak, paling baru keliatan kusam or gelap setelah penggunaan lebih dari 8 jam karena muka udah minyakan.

Rosé All Day The Realest Lightweight Foundation – Light (Rp209.000,-)

Bought a second bottle of this foundation! Iya, saking sukanya sampe habisin satu botol dalam jangka waktu beberapa bulan, hehe. Dipromosikan sebagai foundation lightweight, tapi ternyata foundation ini teksturnya creamy dan cukup padat. Tapi begitu di-blend di muka, foundation ini terasa ringan banget! Untuk hasil akhir foundation ini menurut gue satin finish, dan coverage-nya adalah light-medium. Kalau butuh extra coverage, ya tinggal tambahkan layer kedua atau tiga. Foundation ini juga nggak oksidasi atau menggelap di kulit gw. Untuk ketahanannya, gue baru berasa oily setelah pakai ini 6 jam.

Make Over Ultra Liquid Matte Foundation

A lot improvement dari produk yang satu ini dari sejak dia launching. Jadi ini adalah produk yang pertama gw coba dari Make Over pas mereka launching ages ago. Dari awal gue udah suka, karena untuk brand lokal, foundation ini teksturnya okei, sheer to medium coverage dan nggak cling to dry patches or pores. Warnanya dulu dikit banget tapi sekarang udah banyak dan undeetone-nya udah pas pulak buat kulit perempuan Indonesia.

Anyway, saat dipakai menurut gue foundation ini sheer to medium, jadi kalau memang butuh coverage yang lebih ya, tinggal tambahin aja layer ke-2 atau 3. Pas dipakai hasilnya sih kelihatan satin, jadi nggak 100% matte banget.

Maybelline Fit Me Matte/ Maybelline Fit Me Dewy

Ini salah satu foundation yang selalu gue rekomendasikan ke siapapun yang nyari foundation dengan kriteria bagus,  harga terjangkau dan pilihan warna banyak. Gue sendiri sudah menghabiskan satu botol foundation Maybelline Fit Me Matte, sesuka itu sih gue dengan foundation ini. Dari segi coverage foundation ini udah cukup banget untuk nutupin acne scar. Hasil akhirnya pun nggak terlalu matte, jadi dipakai oleh kulit kering pun masih aman-aman aja. Ketika gue pakai foundation ini, gue ngerasa kulit gue bagus banget, smooth, glowing dan nggak dempulan. Kekurangan foundation ini menurut gue cuma satu, yaitu menggelap setelah lima menit dipakai. Jadi, kalau mau beli ya, beli satu atau dua shade lebih terang dari warna asli kulit kalian.

Mana yang harus dipilih dari foundation-foundation ini? Gue sih nggak bisa milih satu dari keempatnya. Gue suka semua foundation yang gue sebutin di atas ini. Buat kalian yang bingung milih, coba deh dibikin point-point apa aja yang kalian cari saat ingin membeli foundation. Apakah dari harga, hasil akhir, awet dan kemudahannya untuk dibeli.

Semoga artikel ini membantu kalian yang lagi mencari foundation ya :).

Leave a Response